Tak bisa dinafikan, teknologi baru sekarang ini memiliki efek ideologis yang cukup kontradiktif.
Mereka memberikan kesempatan berupa alternatif, deregulasi, pelimpahan untuk debat dan diskusi, dan karena itu mereka memberikan kontribusi yang sangat diperlukan bagi masyarakat sipil yang demokratis.
Media baru penting secara politis dan sosiologis, karena mereka memiliki efek yang kadangkala tidak disengaja mampu merusak bentuk-bentuk otoritas tradisional yang didasarkan pada transmisi lisan atau pada bentuk-bentuk pembelajaran tekstual berbasis cetak yang linier, hierarkis, imitatif, dan berulang.
Hasil Golkarpedia beberapa hari lalu tentang politisi perempuan yang berpengaruh di pemberitaan, dimana menempatkan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani di posisi keempat secara nasional dan dengan sendirinya tentu menjadi paling teratas di Sulsel.

Fenomena ini bisa kita kategorisasikan sebagai fenomena teknologi yang terjenderkan.
Kita bisa memahami mengapa perempuan dulunya diasumsikan punya jarak yang jauh dengan teknologi, namun perlahan hal itu mulai memudar dengan kemajuan teknologi digital di satu dekade terakhir.
Ramainya diskursus terkait identitas politik dalam dunia cyber serta munculnya perbincangan teknologi cyber dalam pusaran feminisme di Indonesia serta intesitas yang cukup bagus dalam kehadiran di berbagai medsos, saya kira sosok Indah Putri Indriani ini akan diuntungkan dengan trend ini.

Dalam beberapa tahun kedepan politisi perempuan dengan giat maksimal di media online maupun media sosial seperti Bupati Lutra ini akan memiliki ruang istimewa dihati para nitizen Indonesia khususnya perempuan.
Ini menjadi sinyalemen kuat sekaligus momentum bagi arus kuat kelompok pemilih perempuan memiliki representasi perempuan pada level top leadher di Sulsel, bahkan level Nasional pun tak terkecuali.
Apalagi Indah Putri Indriani saat ini menjadi satu-satunya sosok perempuan berlatar belakang politisi yang digadang-gadang bakal maju pada Pilgub Sulsel di 2024 nanti.
Cepat atau lambat akan banyak politisi dengan niatan yang sama akan berani menanggung resiko menang banyak dengan menggandengnya untuk berpasangan

Artikel ini telah tayang di Tribun-Timur.com dengan judul Catat! Indah Perempuan Terhebat di Sulsel, https://makassar.tribunnews.com/2023/01/10/catat-indah-perempuan-terhebat-di-sulsel.

By Anshar Aminullah

Lecturer Indonesia Timur University, Senior Researcher, Analyst Politic, Sociologist