Kami memanggilnya Novi, tidak hanya kemampuannya menjadi rekan kerja terbaik, dan kesanggupannya menjadi teman dalam berbagai suasana. Namun dia juga sanggup menjadi sosok saudari yang siap membantu sepenuh hati seterbatas apapun kondisinya. Perjalanan hidupnya yang penuh tantangan dilewatinya nyaris seorang diri yang menempatkan dirinya sebagai wanita tangguh versi siapapun yang pernah berinteraksi dengannya. Berbagai rintangan hidup dan cobaan kehidupan yang cukup berat mampu dilaluinya dengan baik dan akan selalu bangkit seterputuk apapun dia, sebab dia adalah representasi ketangguhan seorang wanita.

Tujuh Desember 2023, ketangguhannya sebagai wanita runtuh sesaat dan nyaris tak menyisakan secuilpun ketegarannya, seorang gadis belia yang nyaris memiliki keseluruhan wajah dia, Kayla Alifiah Masse seorang perempuan muda berparas ayu dan cantik yang telah dia kandung 9 bulan sepuluh hari, dia besarkan dalam belaian kasih sayangnya hingga beranjak dewasa, telah pergi untuk selamanya, membawa separuh jiwa bahkan nyaris seluruh ketegaran dia sebagai seorang wanita tangguh, karna maut ini telah menegaskan dia bahwa dirinya adalah seorang ibu yang tertimpa ujian berat ini.

Kesedihan dan duka ini tak hanya menjadi miliknya namun menjadi duka mendalam bagi setiap rekan, teman, sahabat yang selama ini telah dia warnai kehidupannya dengan setia motivasi melalui kata dan kehadirannya.

Kita memang tak akan punya kekuatan lebih kecuali ikut pasrah dengan duka ini dalam sikap sabar, dan penyerahan diri pada kalimat innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Sebab ini hanya persoalan waktu, kita hanya menunggu giliran untuk kembali saat Tuhan memanggil kita untuk pulang dalam pelukan kasih sayang dan keharibaanNya.

Duka Novi ini telah mengajarkan dan memberikan kita banyak hikmah. Kita hanya bisa mendoakan dan berharap duka mendalam Novi bisa pulih kembali walau itu sampai kapanpun tak akan pernah sepenuhnya. Karena Duka Novi sesungguhnya adalah juga Duka kami

Dear Saudariku Novi.

Novi, sejak kali pertama melihat gadis kecil ini, ada rasa kagum betapa Allah Maha Baik menganugerahkan perempuan cantik berstatus putri kesayanganmu.Kemarin Allah mengambil lebih cepat anugerah ini, nasehat sabar & tabah mungkin hnya menjadi kalimat yang dapat kami utarakan meski itu tdklah mudah.Smg kelak Allah mengumpulkan kita semua bersama Kayla dlm SurgaNya. Amin

By Anshar Aminullah

Lecturer Indonesia Timur University, Senior Researcher, Analyst Politic, Sociologist