Anshar Aminullah

Persoalan perselingkuhan yang menjadi pemicu sehingga IA ini menjadi gelap mata dan pada akhirnya menghabisi Najamuddin Sewang lewat tangan orang lain. Ini menjadi persoalan yang bisa dilihat dalam sebuah pendekatan, bahwa ini adalah masalah pribadi yang tak ada kaitannya dengan kelembagaan dilingkup Pemkot Makassar. Cinta segitiga ini kebetulannya saja terjadi karena mereka pernah dalam satu instansi yang sama. Sehingga ranah privasi mereka bertiga tak boleh dicampuri berlebihan oleh siapapun. Namun persoalan ini pada akhirnya sulit untuk tak dicampuri oleh pihak luar. Karena menjadi serius oleh karena mengakibatkan salah satunya harus meregang nyawa. Posisi strategis IA dan R ini yang patut kita garis bawahi. Mereka adalah leadher di instansi mereka, contoh buruk ini berpotensi besar berdampak negatif pada bawahan masing-masing. Peristiwa ini kita harapkan menjadi sinyalemen keras bagi ASN di instansi lainnya agar lebih bijak dalam menyikapi persoalan serupa dimasa-masa mendatang. Perlu pendekatan khusus memang, sebab kasus perselingkuhan ini adalah hal yang cukup sensitif jika tak pandai dalam memberikan pemahaman pada person yang terlibat. Pemkot seyogyanya memang membuatkan aturan yang tegas agar para birokrat ataupun ASN dilingkup pemerintahannya menjadi lebih berhati-hati, arif dan bijak dalam merespon serta melakukan tindakan pada kasus serupa, sehingga apa yang menimpa Najamuddin Sewang ini menjadi kasus pertama dan terakhir dilingkup ASN di Kota Makassar dan daerah-daerah lainnya.

Selain itu pula. Pada perspektif lain.
kejahatan seperti penembakan ini adalah salah satu persoalan yang serius dalam hal timbulnya Disorganisasi sosial kedepan di Makassar.
Ada masalah dalam kontrol sosial kita selama ini. Namun tak salah jika perlu digiatkan lagi membersamai upaya memfokuskan pada teknik-teknik dan strategi-strategi yang mengatur tingkah laku masyarakat dan membawanya menuju ketaatan kepada norma-norma khas kita seperti Siri’ Na Pacce.
Penembakan ini menegaskan adanya sinyalemen tidak akan lama lagi akan tumbuh praktek-praktek kejahatan ekstrim serupa dalam masyarakat. Pemerintah dan aparat kepolisian punya PR yang tidak main-main yang harus mereka antisipasi segera.

Komentar ini juga telah dimuat di https://sulsel.herald.id/2022/04/06/sosiolog-penembakan-pegawai-dishub-makassar-pola-penyelesaian-masalah-dengan-cara-koboi/

By Anshar Aminullah

Lecturer Indonesia Timur University, Senior Researcher, Analyst Politic, Sociologist